RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MA SUNAN KALIJAGA BAWANG
Mata
Pelajaran : BIOLOGI
Kelas/Semester :
XI / GASAL
Alokasi
Waktu :
8 X
40’menit
Standar Kompetensi : .
Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil
kehidupan
|
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan
komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil
kehidupan
|
Indikator :
Ø Menjelaskan komponen kimia sel
Ø Menggunakan mikroskop untuk
pengamatan struktur sel segar dan awetan sel hewan dan tumbuhan
Ø Menggambarkan struktur sel
hewan dan sel tumbuhan hasil
pengamatan.
Ø Menunjukkan bagian-bagian sel
berdasarkan gambar.
Ø Menjelaskan struktur
bagian-bagian sel beserta fungsinya
|
Tujuan
Pembelajaran :
Ø Mengkaji literatur dari
berbagai sumber tentang komponen kimiawi sel.
Ø
Melakukan pengamatan mikroskopis struktur sel pada preparat basah dan
awetan dari sel-sel hewan dan tumbuhan.
Ø Membandingkan hasil pengamatan
dengan literatur, dan charta/gambar
sel.
Ø Mengidentifikasi struktur sel
dan fungsinya dari literatur.
Ø Membuat model sel
|
Materi
Pembelajaran :
Ø
Komponen
Kimiawi Sel
Struktur kimia sel tersusun
atas karbohidrat, lemak dan protein.
Ø
Struktur
sel dan fungsinya.
Sel
sebagai unit terkecil makhluk hidup secara struktural dan fungsional. Sel
terdiri dari membran plasma,
sitoplasma, nukleus dan organel-organel yang masing-masing mempunyai
fungsi khusus.
|
Metode Pembelajaran :
-
Diskusi - Tanya Jawab
-
Demonstrasi -
Praktek
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40’)
A. Kegiatan awal
-
Menyiapkan siswa
-
Review
-
Presensi
B. Kegiatan inti
Diskusi informasi tentang struktur kimiawi sel melalui kerja
kelompok.
Melakukan kajian literatur untuk
menemukan struktur kimiawi sel secara mandiri.
Melakukan kajian literatur untuk menemukan
ciri-ciri protoplasma sel secara mandiri
C.
Kegiatan Akhir
-
Laporan hasil penugasan
-
Evaluasi dari latihan oleh guru
kepada siswa
-
Doa penutup
Pertemuan 2 (2 x 40’)
A. Kegiatan awal
-
Menyiapkan siswa
-
Review
-
Presensi
B. Kegiatan inti
Diskusi informasi tentang teori sel melalui kerja kelompok.
Melakukan kajian literatur untuk
menemukan berbagai macam bentuk sel secara mandiri.
C.
Kegiatan Akhir
-
Laporan hasil penugasan
-
Evaluasi dari latihan oleh guru
kepada siswa
Doa penutup
Pertemuan 3 (1 x 40’)
A. Kegiatan awal
-
Menyiapkan siswa
-
Review
-
Presensi
B. Kegiatan inti
Tahap demi tahap guru
memberikan penjelasan tentang cara kerja mikroskop untuk melihat berbagai bentuk sel
melalui kerja kelompok.
Melakukan kajian
literatur untuk menemukan bentuk sel hasil pengamatan dengan studi literatur
secara mandiri.
C.
Kegiatan Akhir
-
Laporan hasil penugasan
-
Evaluasi dari latihan oleh guru
kepada siswa
Doa penutup
Pertemuan 4 (1 x 40’)
A. Kegiatan awal
-
Menyiapkan siswa
-
Review
-
Presensi
B. Kegiatan inti
Tahap demi tahap guru
memberikan penjelasan tentang bagian-bagian sel melalui kerja kelompok.
Melakukan kajian
literatur untuk menemukan bentuk, fungsi organel. secara mandiri.
C.
Kegiatan Akhir
-
Laporan hasil percobaan
-
Evaluasi dari latihan oleh guru
kepada siswa
Doa penutup
Pertemuan 5 (2 x 40’)
A. Kegiatan awal
-
Menyiapkan siswa
-
Review
-
Presensi
B. Kegiatan inti
Tahap demi tahap guru
memberikan penjelasan tentang bentuk, fungsi organel. melalui kerja kelompok.
Melakukan kajian
literatur untuk menemukan perbandingan sel hewan dan tumbuhan secara mandiri.
C.
Kegiatan Akhir
-
Laporan hasil percobaan
-
Evaluasi dari latihan oleh guru
kepada siswa
Doa penutup
|
Sumber Belajar:
- Alat tulis - Buku
paket biologi (LKS)
- Gambar
|
Penilaian :
Ø Kedisiplinan
siswa
Ø Keseriusan
dalam mengikuti kegiatan materi
Ø Sikap
dan tingkah laku siswa dalam mendengarkan penjelasan materi
Ø Uji
kemampuan masing-masing siswa
|
Bentuk Instrument :
Tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, pengamatan sikap, ulangan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar