Selasa, 27 Maret 2012

RPP BERKARAKTER BIOLOGI SMA KELAS XI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : MA SUNAN KALIJAGA BAWANG
Mata Pelajaran             : BIOLOGI
Kelas/Semester              : XI / GASAL
Alokasi Waktu             : 8 X 40’menit


Standar Kompetensi : .
Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan

Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan


Indikator :
Ø  Menjelaskan komponen kimia sel
Ø  Menggunakan mikroskop untuk pengamatan struktur sel segar dan awetan sel hewan dan tumbuhan
Ø  Menggambarkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan hasil  pengamatan.
Ø  Menunjukkan bagian-bagian sel berdasarkan gambar.
Ø  Menjelaskan struktur bagian-bagian sel beserta fungsinya

Tujuan Pembelajaran : 
Ø  Mengkaji literatur dari berbagai sumber tentang komponen kimiawi sel.
Ø  Melakukan pengamatan mikroskopis struktur sel pada preparat basah dan awetan dari sel-sel hewan dan tumbuhan.
Ø  Membandingkan hasil pengamatan dengan  literatur, dan charta/gambar sel.
Ø  Mengidentifikasi struktur sel dan fungsinya dari literatur.
Ø  Membuat model sel

Materi Pembelajaran : 
Ø  Komponen Kimiawi Sel
   Struktur kimia sel tersusun atas karbohidrat, lemak dan protein.
Ø  Struktur sel dan fungsinya.
    Sel sebagai unit terkecil makhluk hidup secara struktural dan fungsional. Sel terdiri dari membran plasma,  sitoplasma, nukleus dan organel-organel yang masing-masing mempunyai fungsi khusus.

Metode Pembelajaran :
-          Diskusi                                                - Tanya Jawab
-          Demonstrasi                                         - Praktek

Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40’)
A. Kegiatan awal
-          Menyiapkan siswa                                          
-          Review                  
-          Presensi

B. Kegiatan inti
Diskusi informasi  tentang struktur kimiawi sel melalui kerja kelompok.
Melakukan kajian literatur untuk menemukan struktur kimiawi sel secara mandiri.
Melakukan kajian literatur untuk menemukan ciri-ciri protoplasma sel secara mandiri

C. Kegiatan Akhir
-          Laporan hasil penugasan
-          Evaluasi dari latihan oleh guru kepada siswa
-          Doa penutup

Pertemuan 2 (2 x 40’)
A. Kegiatan awal
-          Menyiapkan siswa                                          
-          Review                  
-          Presensi
B. Kegiatan inti
Diskusi informasi  tentang teori sel melalui kerja kelompok.
Melakukan kajian literatur untuk menemukan berbagai macam bentuk sel secara mandiri.

C. Kegiatan Akhir
-          Laporan hasil penugasan
-          Evaluasi dari latihan oleh guru kepada siswa
             Doa penutup

Pertemuan 3 (1 x 40’)
A. Kegiatan awal
-          Menyiapkan siswa                                          
-          Review                  
-          Presensi

B. Kegiatan inti
Tahap demi tahap guru memberikan penjelasan tentang cara kerja mikroskop untuk melihat berbagai bentuk sel melalui kerja kelompok.
Melakukan kajian literatur untuk menemukan bentuk sel hasil pengamatan dengan studi literatur secara mandiri.
C. Kegiatan Akhir
-          Laporan hasil penugasan
-          Evaluasi dari latihan oleh guru kepada siswa
            Doa penutup

Pertemuan 4 (1 x 40’)
A. Kegiatan awal
-          Menyiapkan siswa                                          
-          Review                  
-          Presensi

B. Kegiatan inti
Tahap demi tahap guru memberikan penjelasan tentang bagian-bagian sel melalui kerja kelompok.
Melakukan kajian literatur untuk menemukan bentuk, fungsi organel. secara mandiri.
C. Kegiatan Akhir
-          Laporan hasil percobaan
-          Evaluasi dari latihan oleh guru kepada siswa
             Doa penutup

Pertemuan 5 (2 x 40’)
A. Kegiatan awal
-          Menyiapkan siswa                                          
-          Review                  
-          Presensi

B. Kegiatan inti
Tahap demi tahap guru memberikan penjelasan tentang bentuk, fungsi organel. melalui kerja kelompok.
Melakukan kajian literatur untuk menemukan perbandingan sel hewan dan tumbuhan secara mandiri.
C. Kegiatan Akhir
-          Laporan hasil percobaan
-          Evaluasi dari latihan oleh guru kepada siswa
             Doa penutup

Sumber Belajar:
     - Alat tulis                                                               - Buku paket biologi (LKS)
     - Gambar




Penilaian :
Ø  Kedisiplinan siswa
Ø  Keseriusan dalam mengikuti kegiatan materi
Ø  Sikap dan tingkah laku siswa dalam mendengarkan penjelasan materi
Ø  Uji kemampuan masing-masing siswa



Bentuk Instrument :
Tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, pengamatan sikap,  ulangan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar